Azerbaijan Tembak Jatuh Dua Pesawat Su-25 Armenia di Qubadi

 

Matamatanews.com, AZERBAIJAN—Hari Kamis (29/10/2020) kemarin pasukan Azerbaijan berhasil menembak jatuh peswat Su-25 pasukan Armenia yang berusaha melakukan serangan udara terhadap posisi tentara Azerbaijan di wilayah Qubadi, kata Kementerian Pertahanan Azerbaijan seperti dilansir Daily Sabah.

"Pada tanggal 29 Oktober, sekitar pukul 13:18 dan 13:20, dua pesawat serang Su-25 angkatan bersenjata Armenia yang berusaha melancarkan serangan udara terhadap posisi Tentara Azerbaijan di arah depan Qubadli ditembak jatuh oleh Azerbaijan Unit Pertahanan Udara, "kata kementerian itu dalam pernyataan di Twitter.

Kantor kepresidenan Azerbaijan pada hari Kamis juga mengatakan, “atas prakarasa (Presiden) Ilham Aliyev, pihak Azerbaijan menyerahkan 30 jenazah tentara yang tewas dalam pertempuran kepada pemerintah Armenia.

"Armenia telah gagal menunjukkan niat baik dalam hal itu," tetapi berkat mediasi Rusia telah "setuju untuk membuka koridor kemanusiaan" untuk evakuasi tubuh tentara Azerbaijan dari medan perang, "kata ajudan Aliyev, Hikmet Hajiyev kepada wartawan.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Armenia Shushan Stepanian mengkonfirmasi penyerahan yang dimediasi oleh Rusia dan Palang Merah seraya menambahkan bahwa pihak Armenia juga siap mengembalikan jenazah tentara Azerbaijan yang terbunuh.

Sejak bentrokan di wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki meletus pada 27 September 2020 lalu, Armenia berulang kali menyerang warga sipil dan pasukan Azerbaijan, bahkan melanggar tiga gencatan senjata kemanusiaan sejak 10 Oktober 2020.

Sedikitnya 90 warga sipil tewas dan 392 terluka dalam serangan Armenia terhadap permukiman sipil Azerbaijan sejak 27 September, Kantor Jaksa Agung Azerbaijan melaporkan Kamis. Sekitar 2.406 rumah, 92 gedung apartemen dan 423 bangunan umum hancur atau tidak dapat digunakan lagi.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional, dan tujuh wilayah yang berdekatan.(sam/daily sabah)

redaksi

No comment

Leave a Response