Australian Jambore ke 25 Tahun 2019 di Bend Motosport Park

 

Matamatanews.com,  JAKARTA—Australian Jamboree ke 25 tahun 2019 (AJ2019) akan berlangsung  dari tanggal 04 - 14 Januari 2019 di Bend Motosport Park, Australia Selatan. Kegiatan selama 10 hari yang dikemas dalam sebuah JAM PACKED di bumi perkemahan berukuran besar akan penuh dengan petualangan, kegembiraan, dan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini rencananya akan diikuti remaja putra - putri golongan Penggalang berusia 11 sampai  15 tahun dan golongan Penegak berusia 16 sampai dengan 20 tahun yang merupakan anggota organisasi pramuka nasional  (National Scout Organization) dari Australia selaku tuan rumah, New Zealand, Timor Leste, Indonesia serta  negara-negara di belahan dunia lainnya.

Keikutsertaan dalam jambore yang sering digambarkan sebagai pengalaman seumur hidup merupakan kesempatan yang cukup penting dalam kehidupan seorang anggota pramuka, sebuah pengalaman yang akan terus mereka ingat. AJ2019 dapat dibayangkan sebagai sebuah kota dengan 10.000 penduduk yang semuanya adalah teman. Bumi perkemahan besar ini dilengkapi dengan fasilitas rumah sakit, kantor pos, surat kabar, stasiun radio, stasiun bis, dan pusat perbelanjaan.

Seluruh aktifitas di AJ2019, diharapkan para peserta  mendapat teman baru, berbagi petualangan, memperluas pengetahuan, meningkatkan kedewasaan,dan kemandirian. Untuk itu pihak panitia AJ2019  telah mengemas jadwal kegiatan on-site dan off-site yang akan menguji batas kemampuan para peserta, memberikan tantangan keterampilan anggota dalam satu tim, mempelajari bagaimana proses perdagangan, serta aktifitas menyenangkan lainnya.

Kontingen Indonesia dalam kegiatan AJ2019 diikuti  65 siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai kota di Indonesia terdiri dari 23 siswa SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta, 2 siswa Samarinda, 2 siswa Bandung, 2 siswa Gresik, 1 siswa Mojokerto dan 35 siswa asal Gontor (Ponorogo).

Untuk turut serta dalam kegiatan AJ2019 di SMP Islam Al Azhar 1 Jakarta dibutuhkan seleksi yang cukup kompetitif di antara murid-murid kelas 7 dan 8. Proses seleksi dimulai  pada 08 September 2019 dimana siswa-siswi yang sudah mendaftar untuk mengikuti program AJ2019 mengikuti ujian dalam bentuk wawancara dan keterampilan basic survival. Pada tahap seleksi, para guru yang tergabung dalam pembina pramuka SMP Islam Al Azhar 1 menilai kemandirian siswa-siswi dalam berinteraksi dengan orang lain. Kurang lebih satu minggu setelah proses seleksi, terpilih 23 siswa-siswi terbaik SMP Islam Al Azhar 1 sebagai perwakilan kontingen Indonesia dalam AJ2019. 

Setelah ditetapkan ,23 siswa-siswi sebagai duta bangsa yang akan mengharumkan nama baik Indonesia, program latihan sedikitnya 20 kali pertemuan. Program latihan dikemas dalam bentuk kerja kelompok guna melatih keterampilan dan kemandirian siswa sebagai pendukung basic survival seperti memasak, mencuci,packing, pasang-bongkar tenda, simulasi perkemahan, serta ketrampilan penampilan anak-anak yang memperkenalkan seni budaya Indonesia dalam bentuk tari dan lagu.

Pada  01 Januari 2019, 58 peserta kontingen Indonesia dari SMP dan SMA  di Jakarta, Bandung, Gresik, Samarinda, Mojokerto dan Ponorogo berkumpul di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur. Di tempat ini kali pertama tim SMP Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan peserta lainnya dari berbagai kota di Indonesia saling bertemu dan berkenalan. Mereka bersama dengan kontingen negara lain akan berpetualang selama 10 hari di Australia Selatan. Berbagai persiapan, latihan bersama, dan pengecekan akhir dilakukan untuk memastikan  seluruh perlengkapan tidak ada yang tertinggal.

Sebelum ke Australia transit di Sidney dengan tujuan akhir Bend Motorsport Park, Adelaide, Australia Selatan, sedangkan pada Rabu 2 Januari 2019 , bertempat di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, peserta kontingen  Indonesia dilepas oleh Mayjen TNI (purn) Dr.Bachtiar selaku Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Kami mohon doa dan dukungan kepada delegasi kontingen Indonesia, khususnya tim AJ2019  SMP Islam Al Azhar 1 sebagai duta bangsa dapat diberikan kelancaran dalam pelaksanaan dan dapat memberikan prestasi yang dapat disumbangkan kepada negara Indonesia tercinta.(hen,fathiyya inara)

 

sam

No comment

Leave a Response