Arab Saudi Jatuhi Hukuman Mati Pada 15 Mata-Mata Iran

 

Matamatanews.com, RYADH – Selasa (6/12/2016) pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman mati kepada 15 orang yang diduga menjadi mata-mata Iran. Selain itu, Pengadilan tersebut memberikan hukuman penjara selama 6 bulan hingga 25 tahun kepada 15 orang terdakwa lainnya. Kemudian pengadilan tersebut juga membebaskan dua orang terdakwa lainnya.

Terdakwa terdiri dari 30 orang Syiah Saudi, satu orang warga Iran dan satu orang warga Afghanistan. Mereka ditangkap dengan tuduhan melakukan aksi spionase untuk Iran. Namun, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi menyangkal adanya kegiatan mata-mata di Arab Saudi yang dilakukan untuk kepentingan Iran.

Sebelumnya, pada bulan januari lalu Arab Saudi melaksanakan eksekusi mati seorang ulama Syiah terkemuka terkait aksi pembunuhan kepada personel polisi. Akibat eksekusi tersebut, kantor Kedutaan Besar Arab Saudi di Taheran di serbu para pengunjuk rasa. Karena insiden tersebut, akhirnya Arab Saudi memutuhkan hubungan diplomatik dengan Iran.

Menurut laporan dari media Saudi, dari 32 orang terdakwa banyak diantaranya merupakan mantan anggota staf Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi. Mereka didakwah terkait tuduhan pembuatan jaringan mata-mata dan mengirimkan informasi yang berhubungan dengan keamanan dan militer kepada Iran. Disinyalir upaya tersebut dilakukan untuk melakukan sabotase pada kepentingan-kepentingan ekonomi, merusak ikatan masyarakat serta menghasut konflik antar kelompok di Arab Saudi. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response