Aparat Gabungan Gelar Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Banyumas

 

Matamatanews.com, BANYUMAS -  Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Banyumas tahun 2021, Aparat gabungan terdiri dari Personil TNI-POLRI, Forkopimda, BPBD, Tagana, Linmas, SAR, PMI, Senkom, RAPI dan ormas di kabupaten Banyumas menggelar apel gabungan untuk siap siaga dan tanggap menanggulangi bencana alam serta cuaca ekstrim pada awal musim penghujan di wilayah Kabupaten Banyumas. Apel digelar di Lapangan Kodim 0701/Banyumas Jln. Jend. Soedirman Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Kamis (23/09/2021).

Apel dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiyono didamping Kapolresta Banyumas Kombes Pol M. Firman Lukmanul Hakim S.H.,S.I.K.,Msi, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra SE., M.I.Pol., dalam hal ini diwakili Pasiter. Sedangkan Komandan apel dipercayakan kepada Danramil 19/Wangon Kapten Inf Kuswadi. 

Apel kesiapsiagaan ini digelar guna memantapkan dan menyiagakan personil dalam rangka membantu masyarakat menghadapi kemungkinan bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas. Selain mengecek kesiapan personil, juga melihat kesiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menghadapi bencana alam tersebut.

Dalam amanat Bupati Banyumas yang dibacakan oleh wakil Bupati Banyumas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolresta Banyumas, Dandim 0701/Banyumas, para relawan dan semua pihak yang telah bersinergi dan berkolaborasi dalam mempersiapkan terlaksananya apel gelar pasukan kebencanaan pada pagi hari itu. 

"Semoga ini bisa menjadi sarana untuk melihat kesiapan dan kekuatan tanggap bencana serta untuk memperkuat komitmen sinkronisasi dan koordinasi dari semua pihak terkait dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam maupun non alam di Kabupaten Banyumas.

Meskipun saat ini energi dan perhatian pemerintah hanya disita untuk mencegah dan mengeliminir dampak dari pandemi covid-19 ini, namun janganlah hal tersebut membuat kita terlena dan lupa untuk mengantisipasi kemungkinan datangnya bencana lain baik berupa bencana alam maupun non alam.

Melalui apel ini juga dapat diketahui dan dicek kondisi serta kesiapan peralatan yang diperlukan dalam melakukan mitigasi bencana baik itu peralatan berat peralatan ringan atau peralatan pendukung lainnya, dengan begitu ketika pada saatnya dibutuhkan peralatan-peralatan tersebut benar-benar pada kondisi siap untuk digunakan.

Selain itu apel gelar pasukan kebencanaan pada hari ini bisa menjadi sarana yang efektif untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang Intens serta kerjasama yang sinergis dan profesional dari semua pemangku kepentingan sehingga apabila terjadi bencana dapat segera dilakukan tindakan penanggulangan maupun pengurangan resiko bencana secara cepat tepat dan terkoordinasi.

Untuk itu, marilah kita merapatkan barisan bergandeng tangan dan bersinergi bersama-sama melakukan kesiapan dan persiapan dalam menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam maupun non alam di wilayah kabupaten Banyumas termasuk langkah-langkah penanggulangannya," kata Drs.Sadewo Tri Lastiyono membacakan amanat Bupati Banyumas.

Secara terpisah Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra SE.M.I.Pol menambahkan, bahwa semua pihak harus menyiapkan diri menghadapi bencana yang setiap saat bisa saja terjadi, tanpa mengurangi dan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Kodim 0701/Banyumas kata Dandim, juga telah menyiapkan personil dan material apabila sewaktu-waktu di butuhkan untuk menanggulangi bencana alam maupun non alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas.

“Sebagai aparat kewilayahan maka kita mempunyai tugas untuk melaksanakan operasi kemanusiaan penanggulangan bencana bersama instansi terkait, guna mencegah kerugian yang lebih besar yang diakibatkan oleh bencana alam. Semoga apa yang kita lakukan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara sekaligus membangun semangat kita untuk berjuang demi kemanusiaan,” pungkas Dandim.

Hadir pada Apel Kesiapsiagaan Dalam Rangka Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam ini antara lain Perwira Kodim 0701/Bms, Perwira Polresta Banyumas,  1 SST Kodim 0701/Bms, 1 SST Brimob Purwokerto, 1 SST Polresta Banyumas, 1 SST BPBD dan Tagana Banyumas, 1 SST Senkom Mitra polri, 1 SST Senkom dan Purwokerto Rescues, 1 SST Rapi, Ormas PP dan Orari, 1 SST SAR dan PMI Kabupaten Banyumas. (AuL,hen).

redaksi

No comment

Leave a Response