Antonio Guterres Diangkat Menjadi Sekjen PBB

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Senin (12/12/2016), mantan Perdana Menteri Portugal, Antonio Guterres secara resmi dilantik sebagai Sekretaris Jenderal PBB yang kesembilan. Guterres menggantikan Ban Ki-Moon secara resmi pada tanggal 1 Januari 2017 nanti dan akan menjabat selama lima tahun kedepan.

Dalam Sidang Umum PBB, Guterres mengatakan, PBB harus siap untuk melakukan perubahan, PBB juga harus siap melakukan reformasi dalam cara bekerja agar lebih efektif. Hal tersebut dilakukan dengan cara lebih banyak mendengar dan melakukan lebih banyak lagi untuk membangun konsensus.

Antonio Guterres merupakan mantan Perdana Menteri Portugal yang menjabat dari tahun 1995-2002. Selain itu, ia ikut aktif terlibat dalam masalah yang dialami Timor Timur dengan melaksanakan referendum yang hasilnya memisahkan diri dari Indonesia.

Saat melakukan pencalonan, ia berada di urutan pertama dari 13 calon yang terdapat di Dewan Keamanan PBB. Ia juga menjadi yang pertama kalinya dipilih dengan menggunakan diskusi terbuka, tidak melalui diskusi tertutup seperti yang sebelumnya. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response