Antisipasi Penyebaran Paham Radikalisme Di Lingkungan Kampus

 

Matamatanews.com, JAKARTA –Dalam upaya mengantisipasi adanya penyebaran paham radikalisme di lingkungan kampus, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) gandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius, Kepala BNPT mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan serta sosialisai bersama Menristek terkait penyebaran paham radikalisme di lingkungan kampus. Hal ini disampaikannya usai rapat di Kemenko Polhukam, Selasa (3/1/2017) kemarin.

Karena ini rawan, menurutnya sosialisasi sangat penting dilakukan. Ada kemungkinan mahasiswa bahkan Dosen terlibat penyebaran paham radikalisme.

“Tidak menutup kemungkinan ada Dosen atau mahasiswa yang terpengaruh paham radikalisme,” ungkapnya.

Ia juga menyatakan saat ini pihaknya telah menggandeng 27  kementerian dan lembaga negara untuk menanggulangi terjadinya segala bentuk aksi terorisme. Sebelumnya, hanya 25 kementerian yang menjadi mitra BNPT.

Menurut pemaparan Suhardi, setiap kementerian dan lembaga yang tergabung nantinya akan saling berintegrasi. Misalnya, untuk akses keamanan pihaknya akan bersinergi dengan TNI dan Polri. Sedangkan untuk akses sosial akan berlanjut ke Kementerian Sosial. Karena ini berintegrasi antar kementerian, Suhardi berharap upaya menantisipasi penyebaran paham-paham radikalisme dapat mereduksi akar masalah aksi terorisme dari hulu ke hilir. (adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response