Angkatan Laut Libya Tembak Kapal MSF

 

Matamatanews.com,LIBYA—Angkatan laut Libya melepaskan tembakan kearah kapal penyelamat Medecins Sans Frontieres (MSF) karena menduga kapal penyelundup. Menurut MSF, beberapa tembakan yang di lancarkan oleh kapal Angkatan laut Libya mengenai kapal mereka yang sedang berpatroli di laut sekitar 24 mil dari lepas pantai Libya.

MSF yang menggunakan kapal Bourbon Argos telah lama melakukan misi penyelamatan para imigran yang mencoba melakukan perjalanan dari Libya ke dataran Eropa. Setelah ditembaki, ada beberapa orang yang menggunakan senjata menaiki kapal mereka dan melakukan pengecekan selama 50 menit, namun tidak ditemukan imigran pada saat itu.

Dilansir Reuters rabu (31/8), juru bicara angkatan laut Libya Ayoub Qassem mengatakan kapal patroli mengambil tindakan setelah kapal Bourbon Argos tidak merespon panggilan mereka dan mencoba merubah arah.

“ Kapal itu ditemukan di perairan internasional dan diketahui merupakan rute penyulundupan minyak, itu sebabnya polisi laut kami mengintersepsinya. Petugas melakukan tembakan ke udara untuk melakukan peringatan namun karena kapal kami kecil dan terguncang gelombang tinggi, tembakan mungkin mengenai kapal mereka. Saya mengkonfirmasikan bahwa kapal tersebut tidak secara sengaja ditargetkan” terang Qassem.

Namun MSF mengatakan “tidak ada identifikasi jelas dan komunikasi jawaban radio” dari kapal Libya. Saat ini pihak MSF sedang melakukan komunikasi dengan pihak otoritas Libya untuk mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi selama insiden tersebut dan untuk memastikan supaya kejadian serupa tidak terulang kembali Karena dapat membahayakan hidup orang (para imigran).

Tahun ini banyak para imigran yang menyebrangi Laut Mediterania untuk sampai kedaratan Eropa. Senin kemarin polisi laut Italia bersama MSF dan organisasi penyelamat lain berhasil menyelamatkan sekitar 6.500 imigran yang mencoba menyebrang ke daratan Eropa. (CNN/Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response