Amerika Serikat Bangun Sistem Pertahanan Udara Berbasis Darat di Irak

 

Matamatanews.com, BAGHDAD—Pada Kamis (02/04/2020) kemarin  militer Amerika Serikat mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang membangun sistem pertahanan udara berbasis darat untuk melindungi pasukannya yang berada di Irak, namun tidak mengungkapkan kapan mereka siap untuk pelayanan publik.

"Pembentukan pertahanan udara berbasis darat di Irak terus berlanjut, tetapi untuk alasan keamanan operasional kami tidak memberikan pembaruan status ketika sistem-sistem itu online," kata Capt Bill Urban, juru bicara Komando Sentral Amerika Serikat.

Capt Urban mengatakan pemerintah Irak "sangat sadar akan kebutuhan kita bersama untuk perlindungan pertahanan udara anggota layanan di Irak, dan kami terus berkoordinasi erat dengan rekan-rekan Irak kami".

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa pemerintahannya memiliki informasi bahwa "Iran atau kuasanya sedang merencanakan serangan diam-diam terhadap pasukan dan atau aset Amerika Serikat di Irak".

"Jika ini terjadi, Iran akan membayar harga yang sangat berat," kata Trump di Twitter.

Baterai sistem pertahanan udara Patriot Amerika Serikat dikirim ke pangkalan Ain Al Assad di Irak barat pekan lalu dan sekarang sedang dirakit.Yang lain dikirim ke Erbil, ibukota wilayah semi-otonomi Kurdistan, sumber-sumber AS dan Irak mengatakan kepada AFP.Pasukan koalisi Amerika dipindahkan ke beberapa pangkalan setelah mundur dari empat di Irak dalam sebulan terakhir.

Koalisi mengatakan langkah itu sudah direncanakan sebelumnya dan tidak terkait dengan serangan terhadap pangkalan yang menampung pasukan asing.Capt Urban mengatakan pada hari Kamis bahwa serangan, yang menewaskan atau melukai koalisi dan anggota layanan Irak, "melanggar kedaulatan Irak".

"Amerika Serikat dan mitra koalisi kami tetap berkomitmen pada kekalahan ISIS yang berlangsung lama dan mendukung keamanan dan stabilitas jangka panjang Irak," katanya. (cam/the national/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response