Amerika dan Jepang Sepakat Tunda Olimpiade Tokyo Hingga 2021

 

Matamatanews.com, TOKYO—Melalui saluran telepon Presiden Amerika Serikat (AS) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abedan membahas keputusan Jepang untuk menunda Olimpiade Musim Panas di Tokyo selama satu tahun ke depan karena adanya pandemi virus corona, demikian dilaporkan Kantor Berita Kyodo, Jepang.

Kedua pemimpin negara itu sepakat untuk menunda Olimpiade untuk membuktikan bahwa umat manusia mampu mengalahkan virus corona, mereka juga sepakat untuk melanjutkan kerjasama yang komprehensif  terutama mempromosikan penelitian dan pengembangan untuk menemukan obat bagi virus corona.

Pembicaraan via telepon itu seperi dilansir kantor Berita Rusia TASS dilakukan kedua pemimpin negara  itu pada Rabu (25/3/2020).Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan memuji keputusan Jepang  untuk menunda Olimpiade Tokyo sebagai keputusan yang ‘bijaksana’.

Dan seperti diketahui, pada Selasa (24/3/2020) kemarin Shinzo Abe mengusulkan untuk menunda Olimpiade Tokyo selama satu tahun dengan alasan pandemi virus corona. Kompetisi akan diadakan paling lambat pada musim panas 2021 mendatang, sedangkan permainan yang semestinya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustuis 2020 terpaksa ditunda.

Wabah penyakit yang disebabkan oleh coronavirus baru tercatat pada akhir tahun 2019 di Cina Tengah dan sejak itu penyakit ini telah menyebar ke lebih dari 150 negara. Organisasi Kesehatan Dunia mengakui wabah itu sebagai pandemi. Menurut data terbaru, lebih dari 403.000 orang telah terinfeksi di dunia dan lebih dari 18.000 orang meninggal karena penyakit ini.(bar)

redaksi

No comment

Leave a Response