Alergi Tubuh Terhadap Air

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Terdapat berbagai macam alergi di dunia ini, salah satunya alergi terhadap air. Aquagenic urticaria atau alergi terhadap air ialah bentuk alergi terhadap air yang dapat menyebabkan penderitanya gatal-gatal setelah terjadi kontak dengan air.

Kasus terhadap alergi tersebut sangat jarang ditemukan di dunia ini, saking jarangnya hanya terdapat 30-40 orang dari seluruh penjuru dunia yang pernah didiagnosis terjangkit alergi terhadap air.

Gejala alergi akan timbul setelah penderita melakukan kontak dengan air pada saat mandi, kehujanan, keringat berlebihan, ataupun menangis. Efek yang dihasilkan dapat berupa gatal-gatal yang kemudian menjadi bercak merah kecil. Rasa gatal tersebut menyerang daerah leher, tubuh bagian atas dan lengan.

Gatal-gatal tersebut akan hilang dalam 30-60 menit setelah tubuh di keringkan. Dalam beberapa kasus yang sangat parah, orang yang menderita alergi ini bahkan mengalami gatal-gatal pada kerongkongan ketika minum air.

National Institutes of Health melaporkan bahwa kondisi medis seperti ini jarang menurun dalam keluarga. Kemudian menurut National Institutes of Health pemberian antihistamin dan steroid terbukti berguna pada beberapa kasus. Selain itu, penggunaan krim sebagai penghalang antara kulit dan air serta melakukan perawatan dengan menggunakan Sinar ultraviolet B dapat membantu mencegah timbulnya alergi. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response