Aktor Politik Diduga Tunggangi Aksi Demo 4 November

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Terjadi bentrokan antara aparat keamanan dengan massa demonstran di depan Istana Merdeka, Jakarta. Hal tersebut membuat Presiden Joko Widodo menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Koordinasi Bidang Poitik Hukum dan Keamanan Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Usai rapat, Presiden Jokowi menyatakan semua kekacauan yang terjadi di Jakarta sepanjang Jum’at malam hingga Sabtu dini hari tadi telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik. “Sebelumnya saya memberi perintah kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menerima perwakilan massa demonstran yang didampingi oleh Menko Polhukam, Mensesneg, Menteri Agama, Kapolri dan Panglima TNI. Pada pertemuan tersebut disampaikan bahwa proses hukum terhadap saudara Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara cepat, tegas dan transparan”, lanjut Jokowi.

Para demonstran yang terdiri dari Front Pembela Islam (FPI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dibubarkan oleh aparat gabungan polisi dan TNI dengan menggunakan gas air mata dan tembakan peluru hampa. Sementara itu, para demonstran melempari petugas dengan menggunakan batu dan kayu.

Meski terjadi bentrokan, Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada ulama, kyai dan Habib yang ikut memimpin aksi demo 4 November. Selain itu, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah bertugas mengamankan aksi demo kemarin. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response