Ahli Bedah Polandia Berhasil Lakukan Operasi Manusia Bionik

 

Matamatanews.com, POLANDIA –Kamis (22/12/2016) pekan lalu, Para ahli bedah di Polandia berhasil melakukan operasi sambung tangan terhadap seorang pria berusia 32 yang hidup tanpa tangan. Transplantasi yang berjalan selama 13 jam tersebut dilakukan pada Kamis (15/12/2016) pekan sebelumnya. tangan tersebut diperoleh dari pendonor yang telah meninggal.

Adam Domanasiewicz, Ketua operasi di Wroclaw Medical University Hospital mengatakan ini ialah cangkok pertama di dunia dari anggota tubuh bagian atas terhadap seorang dewasa dengan cacat bawaan.

Ia juga menyatakan prosedur medis ini sekarang telah dilakukan terhadap kembar siam yang baru lahir di Indonesia dan Kanada.

Piotr, pasien, mengatakan saat ini hanya dapat menggerakkan jari-jarinya dan belum dapat menggerakan lengan barunya tersebut. Namun dokter optimis, seiring waktu Piotr akan dapat bergerak.

“Saya ingin dapat memeluk keluarga saya dengan kedua tangan ini. Selama ini hanya menggunakan tunggul lengan saya,” ungkap Piotr.

Menurut Domanasiewicz operasi medis ini dapat membuka kemungkinan harapan baru untuk ratusan ribu orang yang lahir sebagai penyandang disabilitas. Sampai saat  ini, protesis atau penyambungan anggota tubuh dari bahan buatan menjadi salah satu pilihan bagi mereka.

Operasi ini. Lanjutnya, akan menjadi terobosan penting dalam neurofisiologi dan praktik tranplantasi kerena hingga kini penyambungan hanya sekedar gagasan. Dan dalam kasus ini yang dibicarakan cacat bawaan serta tidak dapat dilakukan. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response