Agrowisata Bulak Barokah Cilongok Siap Manjakan Pecinta Durian

 

Matamatanews.com, BANYUMAS—Banyumas menyimpan kekayaan alam yang melimpah. Berada di kaki gunung Slamet menjadikan kota ini dianugerahi tanah yang subur, sumber air yang melimpah serta keanekaragaman hayati ada di daerah ini.  Desa Langgongsari salah satunya, desa yang berada di kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas atau lebik kurang 5 km dari pusat kota Purwokerto ini mempunyai struktur tanah yang bagus. Aneka tanaman tumbuh subur di daerah ini.

Saat ini durian menjadi tanaman favorit penghasil uang selain pohon kelapa. Semenjak dibukanya Agrowisata Bulak Barokah pada tahun 2016 silam buah durian seolah olah menjadi primadona nya desa ini. Dirintis oleh Kades Langgongsari saat itu H Rasim, Agrowisata ini menggunakan tanah bengkok desa seluas 4 hektar tepatnya di RT 07 RW 03.

Saat ini sebanyak 600 batang pohon durian di tanam di Agrowisata itu. Jenis durian yang ditanam adalah jenis durian bawor dan jenis musang king. Kedua jenis durian ini adalah varietas unggulan yang menghasilkan buah yang berkualitas dan bernilai tinggi.

Di Agrowisata Bulak Barokah ini dengan mudah kita mendapatkan durian yang kita inginkan. Pihak pengelola memberi keleluasan untuk mencicipi buah itu sebelum membeli, sungguh pelayanan yang memuaskan. Tidak hanya durian lokal saja yang disajikan tetapi durian dari luar daerah ada di sini.

Menurut Koordinator Lapangan Agrowisata Bulak Barokah Edi Kurniawan, untuk masuk ke area wisata dikenakan kontribusi sebesar Rp 12.500. Disamping bisa menikmati buah duriannya pengunjung akan dimanjakan dengan Pemandangan Asri Kebun Durian  yang  ditanami 600 pohon, serta Demo masak Gula Kristal  sebanyak 22 tungku. Selain itu  Agrowisata ini dilengkapi pula dengan sarana Gedung Pertemuan dan kios Pedagang yang menjual aneka jajanan khas Banyumas.*(urip,hen)

sam

No comment

Leave a Response