Agen Bus PO. Haryanto Ditutup Tim Gabungan Dishub Dan Satlantas Polres Tegal

 

Matamatanews.com, SLAWI - Agen Bus PT. Haryanto Motor Indonesia yang bertempat di Simpang Tiga Butak didatangi tim gabungan dari Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Kabupaten Tegal pada hari Rabu (25/11/2020) kemarin. Kejadian ini sangat mengejutkan bagi Arifin salah seorang karyawan agen bus PT. HARYANTO  yang tengah melayani penjualan tiket. 

Tujuan kedatangan tim gabungan Dishub dan Satlantas Polres tersebut adalah untuk memberi teguran kepada Syarifudin selaku pengurus PT. HARYANTO agar menghentikan penjualan tiket bus PO. HARYANTO yang berada di wilayah Kota Slawi.Namun, tindakan tersebut tidak bisa diterima begitu oleh Syarifudin. 

Menurutnya PO. HARYANTO sudah memiliki KPS Trayek Jambi - Solo, dengan Rute atau Lintasan Jambi - MA - Tembesi - Sarolangun - Lubuk Linggau - Lahat - Muara Enim - Batu Raja - Kotabumi - Bandar Lampung - Bakauheni - Merak Jakarta - Cirebon - Tegal - Purwokerto - Purworejo - Yogyakarta - Solo. Atas dasar  Surat Ijin yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan tersebut maka pihak PT. HARYANTO MOTOR INDONESIA berani membuka agen di wilayah Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Kurang lebih satu bulan agen bus PO.Haryanto beroperasi ternyata pihak Dishub Kabupaten Tegal banyak mendapat aduan yang tidak menyenangkan dari beberapa agen bus lain yang sudah beroperasi di wilayah Slawi Kabupaten Tegal. Hal ini menimbulkan kegaduhan antar agen bus yang berada di sekitar Simpang Tiga Bulak, Slawi. 

Dengan kejadian ini, Sumiyati Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Tegal melakukan pengkajian ulang KPS yang dimiliki oleh PT. HARYANTO MOTOR INDONESIA. Menurut Sumiyati, ijin Trayek Jambi - Solo yang Lintasannya hanya tertulis TEGAL saja, namun tidak tertulis SLAWI. 

"Armada milik PO. HARYANTO hanya boleh masuk ke Terminal Tegal yang ber tipe A saja, tidak boleh mengambil atau menurunkan penumpang di wilayah Terminal bus Dukuh Salam Slawi, dan tidak dibolehkan membuka agen tiket bus di wilayah Slawi. Hal ini sesuai PM 15 ayat 93 tahun 2019," ujarnya kepada awak media Matamatanews.com. 

Seperti diketahui ketahui bahwa Terminal Bus Dukuh Salam Slawi statusnya masih berstatus tipe C yang nantinya akan dijadikan Terminal bus Tipe A. 

"Hal ini sudah kami disampaikan kepada jajaran pengurus PO. HARYANTO dan sudah ditanggapi," jelasnya. 

Saat mengurus ijin trayek KPS Slawi Syarifudin berharap agar agen bus PO. HARYANTO secepatnya bisa beroperasi kembali.( Jofi)

 

redaksi

No comment

Leave a Response