972 Rumah Direnovasi Pemda Banjarnegara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA---Melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPKP ) Kabupaten Banjarnegara ,tercatat ada 1000 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) siap untuk di renovasi ,dan pihak Pemda menargetkan bisa terselesaikan di tahun 2018 ini.

Hal positif ini tidak lepas dari kerja keras beberapa orang di lapangan yang sering terlewatkan ,yakni Petugas Fasilitator yang bertugas menghubungkan Pemdes dengan Pemda .Terdapat 21 Petugas Fasilitator yang tersebar di 18 kecamatan Se Kabupaten Banjarnegara .Yang masing masing memiliki peran dan tugas Sebagai mediator ke desa desa.

"Ada  1000 unit rumah yang diajukan untuk direnovasi , namun direalisasi 972 unit rumah. Karena ada 3 desa yang mengundurkan diri . Tingkat kerusakan Rumah juga  bervariatif ada yang 90% kerusakan,50% dan 25%  " ujar Sandy selaku fasilitator saat dikonfirmasi kepada Matamatanews.com.

"Sebenarnya tingkat kerusakan tidak menjadi acuan utama,terpenting adalah mengacu sesuai Basis Data Terpadu (BDT)." tambahnya .

Rumah yang terdata,akan   mendapatkan bantuan  sbesar Rp 10.000.000,- dengan kualifikasi penggunaan Rp 8.500.000,- untk Renovasi dan Rp 1.500.000,- untk alokasi jambanisasi

"Sebenarnya jumlah tersebut kurang untuk rehab,namun masyarakat pun sangat berterimakasih karena telah diperhatikan " kata Sandy.

Masyarakat berharap program ini bisa terus berlanjut dan alokasi dana bisa dilebihkan untuk mencukupi biaya biaya lain tanpa harus mencari cari tambahan lain untuk renovasi.(Rosid)

 

sam

No comment

Leave a Response