97 Pencari Suaka di Lepas Pantai barat Diselamatkan Turki

 

Matamatanews.com, ANKARA—Turki menyelamatkan 97 pencari suaka yang terdampar di Laut Aegean, kata Penjaga Pantai Turki, Jumat.Para pencari suaka berada di tiga kapal karet yang tertusuk Kamis oleh Penjaga Pantai Yunani, kata pihak berwenang Turki di Twitter.

Meskipun Ankara tidak mencegah para pencari suaka meninggalkan Turki, penyeberangan Laut Aegean tidak diizinkan karena bahaya keamanan, tambahnya.Ketika pencari suaka didorong kembali ke Turki, kapal mereka tertusuk atau mesin terputus oleh otoritas Yunani, membuat mereka terdampar di tengah laut, tambah Penjaga Pantai Turki.

Sementara itu, 41 pencari suaka yang berusaha mencapai pulau Lesbos di Yunani dari provinsi Canakkale di Turki barat dialihkan ke perbatasan darat.Penjaga Pantai Turki menyelamatkan 3.425 pencari suaka pada 2019 dan 1.707 lainnya telah diselamatkan sejak awal 2020.

Menyalahkan Uni Eropa karena gagal menepati janjinya membantu pencari suaka, Turki baru-baru ini melonggarkan kebijakannya dan telah memungkinkan mereka untuk mencari jalan masuk ke Eropa.Turki saat ini menjadi tuan rumah bagi hampir 4 juta warga Suriah, menjadikannya negara tuan rumah pengungsi terbaik di dunia.(bar/al Mugtama magazine)

redaksi

No comment

Leave a Response