9.000 Polisi Diskor Terkait Aksi Kudeta

 

Matamatanews.com, ANKARA – Pihak kepolisian Turki memberikan sanksi untuk 9.000 personil polisi atas tuduhan keikutsertaan dengan Fethullah Gulen yang dituduh melakukan aksi kudeta pada tahun lalu.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu mengatakan bahwa jaringan Gulen telah mengilfiltrasi kepolisian Turki dengan sebutan Imam Rahasia. Soylu menambahkan ada banyak “Imam Rahasia” yang telah berhasil diamankan.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memberikan tudingan kepada Gulen terkait upaya kudeta terhadap dirinya yang dilakukan pada tahun lalu. Gulen sendiri membantah keras tuduhan tersebut, namun pemerintah Turki tetap melakukan pemeriksaan kepada orang-orang yang diduga menjadi pengikut Gulen.

Sementara itu, pada tahun lalu saja sebanyak 40.000 orang ditahan dan 120.000 orang lainnya mendapatkan hukuman berupa pemecatan atau skor. Puluhan ribu orang yang mendapat hukuman tersebut meliputi polisi, serdadu, guru dan pegawai negeri.

Razia yang kini dilakukan mengemuka sepekan setelah Erdogan berhasil memenangi referendum yang memberikannya berbagai kewenangan. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response