9 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Tunda Penerimaan Mahasiswa/Taruna/Praja T.A 2020

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Dampak dari adanya Pandemi Covid-19 sangat dirasakan di semua elemen masyarakat .Dari segi ekonomi,sosial masyarakat,kesehatan utamanya maupun dunia pendidikan menjadi terkena dampak dari adanya Pandemi yang telah masuk ke Indonesia sejak Februari lalu .Sejak ditetapkannya status Darurat Covid-19 oleh pemerintah melalui BNPB yang di pimpin oleh Letjen Donie. Selama 90 hari dari bulan Februari sampai Akhir Mei 2020.

Dunia pendidikan spontan melakukan pembatasan - pembatasan guna mensukseskan program pemerintah . Bahkan terhitung sejak awal pandemi masuk ke Indonesia sampai saat ini pendidikan di Indonesia dari tingkat TK/PAUD,SD, SMP,SMA dan Perguruan Tinggi sontak semua diliburkan dan dibuat sistem daring belajar jarak jauh via online class maupun pengerjaan tugas tugas dari sekolah/universitas.Bahkan untuk Ujian nasional tahun ini diputuskan untuk ditiadakan .

Dampak lain yang dirasa adalah beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan terpaksa menunda waktu Pendaftaran ,maupun Ujian/Seleksi Penerima Mahasiswa Baru/Taruna/i maupun Praja.

9 Perguruan Tinggi Ikatan dinas tersebut adalah sebagai berikut :

1.IPDN (Kemendagri)

2.STSN (BSSN)

3.STIN (BIN)

4.Poltekip (Kemenkumham)

5.Poltekim (kemenkumham)

6.Poltek STIS (BPS)

7.STMKG  (BMKG)

8.Kementrian Perhubungan (STTD,PKTJ,Pelayaran, Penerbangan)

9.PKN STAN (Kemnkeu)

Kuota tahun 2020 tidak jauh dari tahun sebelumnya . Namun dengan adanya Pandemi Covid-19 ini tentu akan berpengaruh pada Anggaran Pendidikan tahun ini.Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi dan bagi para calon mahasiswa/calon taruna/calon praja tentunya harus siap mental. Dan bisa memanfaatkan waktu ini untuk lebih mematangkan persiapan .

Kemungkinan pertama jika pandemi ini berkahir dibulan Mei-Juni ,kemungkinan pendaftaran dan seleksi bisa dilaksanan Juli-Agustus. Jika pandemi berkahir pada bulan Juli-Agustus, kemungkinan masih bisa dilaksanakan Seleksi pada September-Oktober.Namun jika sampai akhir tahun belum usai Pandemi ini.Kemungkinan besar penerimaan T.A 2020 ditiadakan .

Apapun yang terjadi nanti , harapanya smua menunggu pengumuman resmi dari KemenpanRB saja agar lebih falid dan jelas.Meski sudah beredar beberapa berita tentang beberapa PTK yang sudah memoratorium tidak ada penerimaan TA 2020.

Apapun yang terjadi , bagi para pejuang PTK diharapkan selalu kondisi siap dan sehat.Hikmah dari pandemi ini ,bisa untuk lebih mematangkan persiapan agar saat seleksi nanti bisa lebih maksimal.Dan bagi yang usianya sudah diambang batas ketentuan adalah kesempatan terkahir di tahun ini ,semoga ada kebijakan lain yang tidak merugikan.(Ros)

 

redaksi

No comment

Leave a Response