5.900 Tahanan Palestina Masih di Penjara Israel

 

Matamatanews.com, TEPI BARAT—Meski icon perlawanan remaja Palestina  Ahed Tamimi dan ibunya telah dibebaskan dari penjara oleh pemerintah Israel , namun salah seorang pejabat  Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengungkapkan masih ada sekitar 5.900 tahanan warga Palestina  yang ditahan Israel, 291 orang diantaranya adalah anak-anak.

Salah satu anggota Komite Eksekutif  PLO, Hanan Ashrawi dalam pernyataannya pada Minggu (29/7/2018) mengantakan bahwa Israel masih terus melakukan pelanggaran hak-hak tahanan politik warga Palestina.

"Israel terus-menerus melanggar hak-hak tahanan politik Palestina sementara masyarakat internasional menutup mata terhadap perilaku ilegal dan perlakuan tidak manusiawi seperti itu," kata Ashrawi.

Pernyataan Ashrawi muncul setelah ikon perlawanan remaja Palestina  Ahed Tamimi dan ibunya dibebaskan  dari penjara oleh pemerintah Israel setelah mendekam selama delapan bulan.

Tentara Israel menangkap Ahed Tamimi pada Desember 2017 lalu setelah video viral menunjukkan dirinya sedang menampar seorang  tentara Israel pada saat melakukan penggerebekan dirumahnya untuk menangkap saudaranya.

Atas keberaniaannya itu, pada tahun 2012  Kotamadya Basaksehir di Istanbul, Turki memberikan Penghargaan Keberanian  Hanzala kepada  Ahed Tamimi yang dianggap berani melawan tentara Israel.*(cam)

sam

No comment

Leave a Response