362 Napi Dapat Pengampunan Arab Saudi

 

Matamatanews.com-JAKARTA—Pada hari pertama bulan suci Ramadhan, pemerintah Arab Saudi telah membebaskan dan mengampuni 362 tahanan dari berbagai penjara. Pihak penjara menyatakan ,bahwa hal itu dilakukan atas perintah Raja Arab Saudi,Salman. Diakui sejumlah sumber di Saudi,sebenarnya pihak penjara memiliki wewenang  untuk memberikan pengampunan terhadap para narapidana,namun hal itu tidak bisa dilaksanakan bila pengampunan belum ditawarkan oleh Raja Saudi.

“Perintah pengampunan tersebut hanya bisa ditawarkan  oleh pihak kerajaan,dalam hal ini Raja. Dan biasanya pengampunan atau pembebasan  itu dilakukan pada acara kebangsaan atau  keagamaan,sehingga pihak penjara hanya melaksanakan perintah,”papar  Rismawan G , pemerhati masalah hubungan internasional  Timur Tengah kepada matamatanews.com.

Meski perintah pengampunan dan pembebasan dikeluarkan oleh Raja Saudi, namun untuk mewujudkannya pemerintah Saudi harus membentuk Komite Khusus . Komite khusus ini melibatkan banyak pihak,seperti  gubernur,polisi,departemen penjara dan badan pemerintahan lainya yang bertugas mempertingkan data para taanan yang akan menjadi calon penerima pengampunan raja.

Seperti dilansir Al Arabiya, Rabu (8/6) lalu, Direktur Jenderal penjara di Asir, Mubarak Bin Muhaya Al-Silais, mengatakan bahwa 156 tahanan dari wilayahnya diampuni pada gelombang pertama. Selain itu, Direktur Jenderal penjara di Al-Baha, Ishq Al-Shibani, mengonfirmasi bahwa 32 tahanan diampuni di wilayahnya, Al-Mandaq, Beljurashi, Al-Mikhwah, dan Qalwa.

Sementara itu, 22 tahanan dari wilayah Najran dan 18 narapidana ekspatriat juga diampuni dan dibebaskan. Di Qundfudah, komite pengampunan merekomendasikan pembebasan 22 tahanan pada gelombang pertama diikuti dengan diampuninya 22 narapidana di Mahayil Asir.

Tak hanya itu, 62 tahanan di Mekkah, termasuk warga Saudi dan asing, turut diampuni dan dibebaskan. Al-Silais mengatakan bahwa harus ada pengaturan lebih lanjut untuk mendeportasi tahanan yang diberikan pengampunan. Ia juga mengabarkan bahwa komite pengampunan akan terus memeriksa berkas tahanan lain untuk diajukan sebagai penerima pembebasan. (cnnindonesia/samar)

 

sam

No comment

Leave a Response