130 Wanita Saudi Ikut Tes Pelatihan Pengontrol Lalu Lintas Udara

 

Matamatanews.com, RIYADH—Kantor berita Arab Saudi, SPA menyebutkan sebanyak 130 perempuan Arab Saudi  telah mengajukan lamaran untuk ikut tes masuk pelatihan pengontrol lalu lintas udara yang diselenggarakan oleh Akademi Penerbangan Sipil Saudi, bahkan pihak akademi mengaku telah mulai melakukan wawancara kepada 130 pelamar perempuan tersebut.

Para siswa atau pelamar yang lulus nantinya akan dipekerjakan sebagai pengendali lalu lintas udara yang selama ini jarang ditempati oleh kaum hawa. Program yang didukung  Saudi Air Navigation (SANS), adalah merupakan salah sati bagian dari programa ambisius untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas kepada  kaum perempuan Saudi.

Kepala Akademi Penerbangan Sipil Saudi, Dfahd Al-Harbi seperti dikutip SPA, kini komite gabungan telah menerima para pelamar wanita dari Jeddah dan Riyadh, dan mereka akan menjalani berbagai tes , diantaranya adalah wawancara .Al-Harbi mengatakan untuk mendapatkan Diploma Pengendali Lalu Lintas Udara butuh waktu satu tahun pendidikan.

Para lulusan kursus ini,lanjut Al-Harbi selain mendapat ijazah dari Akdemi Pengontrol Lalu Lintas Udara Saudi, juga akan disewa dan dipekerjakan oleh SANS di Pusat Pengontrol Lalu Lintas Udara. Seluruh peserta kursus ini diberikan 13 mata pelajaran, termsuk fisika, matematika, bahasa penerbangan, pelatihan aerodinamis dasar dan kontrol menara. (bar)

sam

No comment

Leave a Response