12 Ribu Orang Dievakuasi Akibat Ledakan Amunisi di Ukraina

 

Matamatanews.com,KIEV - Sekitar 12 ribu warga diungsikan saat sebuah gudang amunisi di Ukraina utara terbakar dan meledak pada Selasa (9/10) dini hari. Atas insiden ini otoritas setempat belum bisa memastikan korban jiwa maupun luka.

“Gudang amunisi nomor 6 milik Kementerian Pertahanan yang berada dekat Kota Ichnya, sekitar 170 kilometer dari Kiev meledak. Kebakaran akibat dari ledakan gudang amunisi ini menyebar hingga sekitar 700 hektare,” demikian pernyataan Dinas Keadaan Darurat Ukraina.

Berdasarkan keterangan Dinas Keadaan Darurat Ukraina, terdapat sekitar 88 ribu ton amunisi disimpan di gudang itu. Akibat ledakan, sejumlah moda transportasi dihentikan dan wilayah udara seluas 30 kilometer ditutup. Atas insiden ini, pihak militer Ukraina akan melakukan penyelidikan.

Sejauh ini sudah terjadi 6 kali insiden ledakan gudang amunisi di Ukraina. Terakhir kali terjadi ledakan di gudang amunisi Kota Balakliya pada Maret 2017 dan otoritas di Ukraina menyebut insiden ledakan itu sebagai sebuah sabotase dari kelompok pemberontak yang didukung Russia.(KJ/AFP)

sam

No comment

Leave a Response