11 Kabupaten Diduga Terindikasi Lakukan Jual Beli Jabatan PNS

 

Matamatanews.com, JAKARTA –Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Nuraida Mokhsen menyatakan dari hasil pengamatan pihaknya, diketahui terdapat 11 kabupaten yang diduga terindikasi kuat lakukan praktik jual beli jabatan PNS daerah.

Menyikapi hasil pengamatan itu, pihaknya melakukan pengawasan lanjutan terhadap proses perekrutan PNS di 11 kabupaten tersebut. Dengan alasan rahasia pengawasan, Nuraida enggan menyebutkan 11 kabupaten yang terindikasi.

“Jika 11 kabupaten itu terdapat indikasi kuat yang tidak benar. Penyelidikan masih akan dilanjutkan,” ungkapnya

Nuraida mengatakan, bahwa KASN memperoleh laporan terhadap 11 kabupaten itu sekitar Desember 2016 lalu. saat ini masih dalam penyelidikan terkait pelanggaran administrative atas sistem merit (sistem manajemen seleksi PNS). Sistem ini berfungsi untuk mengawasi pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang harus sesuai prosedur dan dilaksanakan secara terbuka serta kompetitif di instansi pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah. Dan bertujuan untuk mencegah adanya praktik jual beli jabatan, konflik kepentingan seperti pemilihan jabatan atas dasar agama, suku dan kepentingan politik.

Jika ini terbukti, KASN akan memberikan rekomendasi kepada Pemda, kemendagri, bahkan kepada Presiden untuk memberikan sanksi. Apabila terdapat unsur pidana, KASN akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum agar dapat ditindaklanjuti. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response