10 Tentara Mesir Tewas dalam Ledakan Bom Sinai

 

Matamatanews.com, KAIRO—Sedikitnya 10 tentara Mesir dikabarkan tewas dan tiga lainnya mengalami cedera dalam ledakan sebuah bom yang menabrak kendaraan lapis baja di selatan kota Bir Al Abd di wilayah Sinai utara, kata pejabat lokal seperti dikutip The National, Jum’at (1/5/2020).

Para pejabat yang tidak disebut namanya itu mengatakan bahwa yang tewas termasuk seorang perwira militer. Juru bicara militer Tamer Refai mengkonfirmasi serangan tersebut namun tidak merinci jumlah tentara yang tewas dan terluka akibat alat peledak tersebut.

Dalam sebuah postingan di Facebook Presiden Abdel Fattah El Sisi mengirimkan ucapan belasungkawa dan memuji tentara yang gugur sebagai pahlawan dan martir. Sejauh ini belum ada kelompok manapun yang mengakui atas serang tersebut, baik kelompok ISIS maupun afiliasinya.

Seperti diketahui, Mesir selama ini telah memerangi gerilyawan ekstremis yang telah membunuh ratusan polisi dan militer di bagian utara semenanjung Sinai sejak diangkatnya Presiden Mohammed Morsi pada tahun 2013 sejak unjuk rasa terhadap pemerintahannya. Para militan juga banyak melakukan serangan di berbagai tempat di Mesir.

Seorang polisi Mesir dan tujuh gerilyawan tewas pada 14 April dalam baku tembak setelah kementerian dalam negeri diberi tahu tentang kemungkinan serangan Paskah terhadap orang Kristen Koptik, kata kementerian itu.Dikatakan tiga polisi terluka.

Pada bulan Februari 2018, pasukan keamanan Mesir melancarkan operasi berskala besar nasional terhadap gerilyawan, terutama berfokus pada wilayah Sinai utara dan perbatasan dengan Libya.

Lebih dari 845 gerilyawan telah tewas di kawasan itu, bersama dengan lebih dari 60 personel keamanan, kata angka-angka tentara. (esma/berbagai sumber)

redaksi

No comment

Leave a Response