Virus Stuxnet Dirancang Untuk Serang Fasilitas Industri Iran

 

Matamatanews.com,JAKARTASTUXNET merupakan virus terkenal karena menyerang industri Iran pada 2010 silam. STUXNET merupakan virus komputer yang dirancang untuk menyerang fasilitas industri  di Iran, tak terkecuali fasilitas pengayaan Uranium di Iran

Hal ini diperkuat dengan laporan Symantec  yang mencatat pada Agustus 2010 sekitar 60% komputer yang terinfeksi virus ini berasal dari Negara Iran, bahkan Siemens menyatakan pada 29 November 2010 virus tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada komputer lain, kecuali pada program Nuklir Iran.

“Ini merupakan sebuah virus komputer yang dirancang untuk menyerang sistem industri muncul secara luas di Iran dan kehebatan virus ini mengindikasikan bahwa adanya keterlibatan campur  tangan suatu negara”,demikian  penuturan perusahaan keamanan Cyber Western. Sumber- sumber intelijen membenarkan bahwa virus komputer tersebut dirancang khusus oleh Amerika Serikat dan Israel untuk menyerang pengayaan Uranium Iran guna menghambat kemajuan program nuklir Iran.

Keanehan dari virus tersebut walau dari 2009 sudah menyebar ke banyak negara bahkan Indonesia sendiri, akan tetapi virus tersebut tidak merusak secara siginifikan seperti yang biasanya virus lakukan yaitu memperlambat jaringan atau merusak komputer .

Virus ini baru aktif ketika mendeteksi konfigurasi sistem pengendali yang hanya berada pada sebuah fasilitas pengayaan Uranium, hal itu terbukti dengan adanya kerusakan fasiltas pengayaan uranium milik Iran di 5 fasilitaspada November 2010 silam. Meir Dagan mantan kepala dinas Intelijen Mossad mengatakan bahwa serangan Stuxnet 2010 silam dapat menunda Iran untuk program pengayaan uranium membuat bom hingga tahun 2015. (Andro DP/Muhsinlabib/Antara)

No comment

Leave a Response