Tantangan Media Cina Untuk Amerika Terkait Laut Cina Selatan

 

Matamatanews.com, BEIJING – Surat kabar berpengaruh di Cina, Global Times mengatakan bahwa Amerika harus berperang dengan Cina agar dapat menutup akses Cina untuk memasuki wilayah sengketa Laut Cina Selatan.

Pernyataan tersebut muncul setelah Rex Tillerson yang merupakan calon Menteri Luar Negeri untuk presiden terpilih Donald Trump, mengatakan Cina sebaiknya tidak diberikan akses untuk masuk ke Laut Cina Selatan.

Seperti yang dilansir Reuters, Jumat (13/1/2017), Global Times memberitakan bahwa AS memerlukan teknologi nuklir untuk mencegah Cina memasuki pulau dan wilayah sengketa tersebut.

Selain itu, Surat kabar tersebut juga mempertanyakan dasar hukum terkait pemblokiran terhadap Cina untuk memasuki wilayah LCS oleh Amerika. Sebelumnya Amerika telah meminta Cina untuk menghormati keputusan Pengadilan Arbitrase Permanen (PCA) atas tuntutan yang dilayangkan Filipina terkait sengketa Laut Cina Selatan (LCS).

Salah satu keputusan tersebut menolak pengklaiman Cina atas hak ekonomi di wilayah tersebut. Sebab selama ini Cina mengklaim hampir 90 persen dari wilayah Laut Cina Selatan yang mempunyai nilai perdagangan mencapai US$ 5 triliun pertahun.

Untuk menjaga keamanan dalam bernavigasi, Amerika kerap mengirimkan sejumlah pesawat dan kapal militer untuk melakukan patroli di perairan yang dianggap sebagai perairan Internasional oleh Amerika. (Atep/berbagai sumber)

No comment

Leave a Response