Setiap Tahun Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Semakin Diminati

 

Matamatanews.com, KARAWANG—Saat ini ada 9 Perguruan Tinggi Ikatan dinas yang termasuk dalam  Panselnas BKN (Badan Kepegawaian Negara) .Dengan peminat setiap tahunya semakin meningkat bahkan untuk Tahun 2019 ini sampai pada penutupan pendaftaran calon mahasiswa PTK mencapai angka 53.495 . Ada banyak faktor yang menjadikan tingkat peminatan kepada PTK sangat tinggi.Salah satunya ada jaminan karier yang dijanjikan untuk lulusan PTK menjadi ASN (aparatur sipil negara).Tidak heran jika peminat sangat tinggi dan menjadi  Prioritas utama dibandingkan  PTN/PTS lain nya . 

Namun jangan salah,tentu tidak semudah itu juga masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan khususnya yang masuk dalam Panselnas BKN .Ada banyak tahap yang harus dilalui oleh peserta seleksi ,seperti seleksi SKD(Seleksi Kompetensi Dasar),Jasmani, Psikologi, Kesehatan,dan Mental Kepribadian.

Tahap awal yang kategori berat adalah SKD dengan menggunakan sistem seleksi CAT (Computer Assisted Test ). Dalam SKD sendiri ada 3 komponen test yang harus di atasi oleh peserta yakni TWK(Test Wawasan Kebangsaan),TIU(Test Intelegensi Umum),TKP(test Karakteristik Pribadi) yang masing-masing memiliki nilai pasing grade berbeda .TWK Passing grade nya  75,TIU 80 dan TKP 143 serta harus dikerjakan selesai dalam waktu 90 menit .

Sampai berita ini dikeluarkan baru STIN,STSN,Dan STTD(atau Kementerian Perhubungan) yang sudah melaksanakan test CAT calon mahasiswa baru dan telah diumumkan hasilnya pada Minggu awal bulan Juni 2019 ini.Untuk Kementerian Hukum dan HAM,Kemendagri, Kementerian Keuangan,BPS dan BMKG akan melangsungkan test SKD di bulan depan.

Dari pengamatan salah satu Pembina dalam Lembaga Pelatihan Khusus di bidang test calon Mahasiswa  Kedinasan maupun  Taruna/i menyebutkan bahwa "SKD thun ini berbeda dari tahun sebelumnya  ,untuk bidang TKP peserta harus lebih cermat dan teliti dalam menjawabnya,tidak jarang juga anak didik saya setiap tryout nilainya bagus ,saat kemarin test justru nilainya Jeblok di TKP."

Dilansir juga dari Media  BKN melalui Humas  BKN , bahwa diakhir Mei 2019 kemarin telah berlangsung rapat evaluasi berkaitan dengan hasil SKD  beberapa PTK .Rendahnya jumlaj peserta yang melampaui ambang batas pada tahap SKD menjadi bahan evaluasi dalam rapat tersebut. Dari data kelulusan sementara yang diperoleh BKN, untuk Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dari 23.904 peserta yang mengikuti SKD hanya 9,26 persen peserta yang lolos ambang batas, sedangkan untuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dari 3.070 peserta hanya 12,21 persen peserta yang lolos passing grade.

Untuk lolos dalam tahap SKD, peserta harus memenuhi nilai ambang batas yang telah ditentukan di setiap komponennya, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). “Menurunkan _passing grade_ untuk memenuhi enam kali jumlah formasi yang ditentukan guna melanjutkan seleksi pada tahap selanjutnya tidak dapat menjadi solusi” ujar kepala BKN.

Pihak sekolah dinas sangat menyayangkan apabila jumlah formasi yang telah ditentukan tidak terpenuhi. Menyikapi hal tersebut, Panselnas masih menggodok solusi terbaik untuk menjadi pemecahan permasalahan. 

Nah,bagi yang belum melaksanakan SKD anda bisa belajar dari pengalaman yang sudah melaksanakan test ya. Teliti dalam mengerjakan,Fokus dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.(Ros/cam)

 

sam

No comment

Leave a Response