Puan Maharani Hadiri Prosesi Boyongan Soko Guru Si Panji

 

Matamatanews.com, BANYUMASSalah satu agenda inti dalam rangka HUT Kab. Banyumas ke 448 adalah prosesi boyongan duplikat soko guru Si Panji dari Kec. Banyumas menuju pusat kota di Purwokerto. Kegiatan ini telah berlangsung pada hari Minggu (10/02/2019) mengambil start di Halaman Duplikat Pendopo Si Panji Kec. Banyumas. 

Beberapa pejabat pusat dan daerah menghadiri agenda tahunan ini diantaranya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, serta jajaran Forkopimda Kab. Banyumas.

Rombongan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan beserta Gubernur Jawa tengah tiba di Pendopo Duplikat Sipanji Kec. Banyumas tepat pada pukul 09.34 WIB. Berikutnya dilaksanakan Upacara prosesi dan penyerahan tali asih dan cinderamata  berupa senjata berbentuk Kudi dan Kain Batik Sidamukti kepada Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan diakhiri dengan prosesi  pemberangkatan  Boyongan Soko Guru Si Panji / Rengos dengan iringan musik gamelan dari SMKN 3 Banyumas.

 Adapun Route Boyongan Soko Guru Si Panji / Rengos adalah, start di depan Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas, Alun alun Banyumas, melintas di Jl.Gatot Subroto (Pasar Banyumas), jalan raya Kaliori-Kalibagor, Jl.Gatot Subroto (Depan Makorem 071/WK), Sangkal Putung, Jl.Soepardjo Roestam, Posis, Jl.Jendral Sudirman Purwokerto, Alun alun Purwokerto, dan berakhir finish di Pendopo Si Panji Kab.Banyumas.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyampaikan sambutan berbahasa Banyumas  sekaligus melepas prosesi pemberangkatan Boyongan Soko Guru Si Panji, "Ki Suba Manggala neng dina kiye, Kemis Pahing tanggale pitu, wulan Januari, taun sewu sangangatus telung puluh pitu, rika kabeh tek prentah mboyong Saka Guru Si Panji pindhah maring tlatah Puwakerta. Muga-muga rika kabeh neng dalan diparingi slamet karo Gusti Allah nganti tekan Purwakerta. Sawise tekan neng Purwakerta gagean didegna pendapane kanti becik Ian ngati-ati. Sawise Pendapa Si Panji ngadeg, aja kelalen nanggap lengger. Mula gagean rika kabeh mangkat maring Purwakerta (Ki Suba Manggala, di hari ini Kamis Pahing tanggal 7 Januari 1937, kalian semua aku perintahkan memboyong Saka Guru Si Panji ke kota Purwokerto. Mudah mudahan dalam perjalanan Gusti Allah  selalu memberi keselamatan sampai di sana. Sesampai di tempat dirikanlah pendopo cepat cepat dengan penuh kehati hatian, jangan lupa diiringi pertunjukan lengger. Maka bergegaslah untuk berangkat  ke Purwokerto).*(jack,hen)

 

sam

No comment

Leave a Response