Pria Denmark Diadili Akibat Membakar Al-quran

 

Matamatanews.com, COPENHAGEN – Kamis (23/2/2017) seorang warga Denmark diadili akibat membakar al-quran dengan tuntutan penistaan agama. Kepala Jaksa Penuntut, Jan Reckendorf, mengatakan bahwa pria tersebut melakukan pembakaran terhadap al-quran pada Desember 2015 silam di halaman belakang rumahnya.

Seperti yang dilansir The Independent, Reckendorf mengatakan,“Pembakaran kitab suci seperti al-quran dan alkitab merupakan pelanggaran Klausa 140 Hukum Pidana yang mengatur tentang cemoohan dan ejekan publik”.

Reckendorf menambahkan, kasus penistaan ini merupakan kasus keempat yang pernah terjadi dalam sejarah Denmark sejak hukum diimplementasikan. Namun, sayangnya semua tersangka pada akhirnya tidak dinyatakan bersalah.

“Ini adalah pendapat kami bahwa kasus ini harus ada penuntutan, sehingga pengadilan sekarang mempunyai kesempatan untuk mengambil posisi pada masalah ini”, tegas Reckendorf.

Di negara Denmark, penistaan agama ataupun melecehkan ibadah seseorang dapat dihukum berdasarkan pasal 140 Undang-Undang Pidana dengan hukuman penjara dan denda. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response