Petaka Gula Impor Irman Gusman

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti diperiksa KPK terkait kasus suap distribusi kuota gula impor di Sumatera Barat (Sumbar). Djarot bakal dicecar KPK untuk tersangka Irman Gusman.

Setelah pemeriksaan, Djarot tidak menyampaikan keterangan apapun kepada wartawan. "Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IG (Irman Gusman)," kata Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati ketika dikonfirmasi, Kamis (29/9/2016).

Selain Djarot, penyidik KPK juga memanggil ajudan Irman Gusman yang bernama Djoko Suprianto. Kemudian istri Irman Gusman, Liestyana Rizal Gusman juga diperiksa. Irman yang merupakan Ketua DPD RI telah diberhentikan dari jabatannya lantaran terjerat operasi tangkap tangan KPK. Irman ditangkap lantaran menerima uang haram sebesar Rp 100 juta dari seorang pengusaha bernama Xaveriandi Sutanto.

Uang Rp 100 juta itu diberikan kepada Irman, dengan tujuan agar Irman menggunakan pengaruhnya dalam distribusi kuota gula impor di Sumbar. Xaveriandi merupakan Direktur CV Semesta Berjaya yang mendapatkan kuota gula impor dari Bulog di tahun 2016. Baik Irman maupun Xaveriandi telah ditetapkan KPK sebagai tersangka, istri Xaveriandi bernama Memi juga telah ditetapkan sebagai tersangka. [Did/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response