Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial Di Kodim 0704/Banjarnegara

 

Matamatanew2s.com,BANJARNEGARA—Kodim 0704/Banjarnegara  menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial pada Triwulan I yang diikuti 100 orang Danramil dan Babinsa di Tribun Makodim Rabu (20/02/19).

Kasdim 0704/Banjarnegara Mayor Inf Yuli Setiyono S.Pd menyampaikan tentang pentingnya Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial agar kedepan bisa lebih memahami tugas dan fungsinya masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas  sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan-nya di lapangan. 

"Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas, "tegasnya.

“Babinsa saat ini merupakan kekuatan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI-AD. Untuk itu Babinsa wajib meningkatkan kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial. Selain itu juga diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi yang berkembang pada saat ini, " imbuhnya.

Pasi Puan Ter Korem 071/Wijaya kusuma Mayor Inf Saing S.Ag juga memberikan penekanan tentang materi Lima Kemampuan Teritorial kepada seluruh anggota. 5 kemampuan teritorial tersebut harus betul-betul dipahami dan dimengerti oleh seluruh anggota, diantaranya adalah kemampuan temu cepat atau lapor cepat, kemampuan managemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial.

Tidak kalah pentingnya bagi para prajurit Teritorial juga harus memiliki kemampuan 8 sikap teritorial, diantaranya murah senyum, tegur sapa, rasa hormat dan terima kasih, kenali adat istiadat, larut diri di setiap lapisan masyarakat, positif dalam tata susila, kesediaan untuk membantu, dan selalu ikut dalam kegiatan keagamaan. Kalau semua itu sudah dikuasai oleh para prajurit di lapangan, berarti tugas pokok TNI sudah tercapai dan kita akan menjadi sosok terpenting di lingkup kehidupan masyarakat wilayah binaan.(Pendimbna,javi,hen)

 

sam

No comment

Leave a Response