Panen Bersama Demplot Kodim 0701/Banyumas di Desa Pasir Lor

 

Matamatanews.com, BANYUMAS—Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., melalui Kasiterrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto, S.E., menyampaikan, Pupuk Nitrisi Wijayakusuma menjadi solusi meningkatkan produktifitas hasil panen. Pernyataan ini disampaikan pada Panen Bersama Demplot Kodim 0701/Banyumas menggunakan pupuk nutrisi Wijayakusuma di lahan sawah milik Sudiat warga Desa Pasir Lor Kec.Karanglewas Kab.Banyumas, pada Selasa (14/5/19).

Beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas nampak hadir pada Panen bersama Demplot Kodim 0701/Banyumas, diantaranya Bupati  Banyumas Ir. Akhmad Husein, Kasiterrem  071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto, S.E., mewakili Danrem 071/Wijayakusuma, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra, S.E., M.I.Pol., Kabid  Tanaman Pangan dan Holtikultura Banyumas Ir.Suwarseno, serta para Kades se Kecamatan Karanglewas.

Kasiterrem 071/Wijayakusuma menyatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan solusi terkait tanaman padi di sawah. 

"Pupuk nutrisi Wijayakusuma, sebagai solusi guna meningkatkan kesuburan tanah, sehingga endingnya hasil produktivitas padi meningkat, " ujarnya. 

Dikatakan Kasiter, pihaknya tidak mengintervensi mengenai pupuk nutrisi Wijayakusuma, karena pupuk ini tidak untuk tanaman saja bisa juga untuk hewan ternak.

"Pupuk nutrisi Wijayakusuma ini telah terbukti di daerah lain, contohnya di Brebes sudah terbukti untuk tanaman bawang merah dan bawang putih. Mudah-mudahan dengan adanya pupuk nutrisi petani bisa makmur dan akan lebih baik. Sekali lagi saya tidak mengintervensi pemakaian pupuk nutrisi ini, " jelasnya. 

Camat Karanglewas yang diwakili Sekcam Sarwoko, S.H., mengatakan, kami mengapresiasi dan menyambut baik  pertanian yang di buat dari pupuk organik. Diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian sekaligus bisa memperkuat ketahanan pangan dan  mengurangi pupuk kimia yang sangat mahal.

Bupati Banyumas Ir. H. Ahmad Husein, mengatakan, sangat bangga kepada TNI karena selain mempertahankan negara dan bangsa juga bisa berkarya dalam pertanian. Semoga pupuk ini bisa dimanfaatkan petani dan bisa di asuransikan jikalau  pupuk ini gagal panen. 

"Kami sangat mensupport  kegiatan pemupukan jenis organik ini dan kami  berharap kepada Dinas Pertanian untuk mendukung kegiatan TNI dalam pemberian pupuk organik Wijayakusuma ini, "ungkapnya. 

"Kami bisa berkoordinasi  dengan  penyuluh yang berada di lapangan melalui demplot agar petani bisa merasakan sendiri, tidak ada unsur paksaan, " jelasnya. 

Dikatakan, dengan kegiatan ini sebagai salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat di wilayah Banyumas. TNI sangat familier di Kabupaten Banyumas dan bisa meningkatkan ketahanan pangan di Banyumas," imbuhnya. 

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra, S.E., M.I.Pol. menyatakan, kita apresiasikan bersama dalam panen ini, petani telah memberikan kontribusi nyata dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas padi.

Menurutnya, di Kabupaten Banyumas  merupakan wilayah yang membanggakan apalagi pertaniannya menggunakan pupuk nutrisi Wijayakusuma. 

"Seperti kita ketahui pupuk ini adalah hasil karya Prajurit Wijayakusuma yang telah terbukti mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil panen. Selain itu, dengan menggunakan pupuk organik cair ini hasil pertanian juga akan aman dan terbebas dari residu bahan kimia. Diharapkan petani bisa menghasilkan produk pertanian organik dan tentunya dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian, " ungkapnya.*(jack,hen)

 

sam

No comment

Leave a Response