Manuver Kapal Laut Iran Membahayakan Armada Tempur AS

 

Matamatanews.com,SELAT HORMUZ—Kapal laut Iran dianggap melakukan pelecehan terhadap armada tempur Amerika di Selat Hormuz. Kemelut tidak terelakan disaat dua dari empat kapal laut Iran mendekat dengan kecepatan “ Yang tidak aman dan tidak profesional” kearah kapal USS Nitze dengan jarak hanya terpaut 200 meter.

“ Tingkat kedekatan kapal laut Iran menciptakan situasi berbahaya dan melecehkan yang berujubg eskalasi lanjut.” kutip Reuters.

Dikarenakan AS tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Iran, membuat AS tidak dapat melayangkan protes. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan kapal USS Nitze mengubah jalur pelayaran dengan menjauhi kapal Iran. Sebelumnya kapal USS Nitze telah memberikan peringatan, namun kapal laut Iran tidak mengindahkan.

Amerika Serikat termasuk salah satu negara yang mengecam dukungan Iran terhadap Bashar al-Assad dalam konflik Suriah, aktifitas militer AS di perbatsan telah lama dicurigai oleh Tentara Garda Revolusi Islam Iran (IRGC).

Ketegangan di lautan antara AS dan Iran bukan pertama kali terjadi. Seperti latihan perang militer Iran pada desember lalu yang meluncurkan roket ke arah dekat kapal induk AS kapal USS Harry Truman. Dan pada bulan januari lalu, IRGC menangkap 10 tentara AL Amerika pada saat dua kapal komando Riverina berlayar dekat pulau Farsi Iran di Teluk Persia. Tidak lama semua tentara AL Amerika tersebut dibebaskan. (Aditia/CNN/Berbagai sumber)

No comment

Leave a Response