Longsor Lumpuhkan Jalur Trenggalek-Ponorogo

 

Matamatanews.com, TRENGGALEK – Minggu (27/11/2016) Jalan yang menghubungkan Kabupaten Trenggalek dengan Kabupaten Ponorogo tertutup longsor dengan ketebalan 1 meter, panjang 20 meter di KM 16, Dusun Gemblung, Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Tiga hari yang lalu, sekitar pukul 01.35 WIB hujan deras mengguyur Kecamatan Tugu. Dengan kondisi tanah yang sudah labil, ditambah derasnya hujan membuat tanah yang bercampur batu itu mengalami longsor dari tebing menutupi jalan raya dari arah Trenggalek ke Ponorogo dan sebaliknya. Lalulintas di lokasi kejadian mengalami lumpuh total, kata Serka Mujiono, anggota Babinsa Koramil 0806/09.

Babinsa dibantu oleh anggota Polsek Tugu dan warga, langsung menutup akses jalan agar tidak dilalui warga. Upaya pembersihan material longsor belum bisa dilakukan hari ini, sebab tanah dan batu masih berjatuhan dari tebing dan menambah ketebalannya di ruas jalan.

Saat di konfirmasi, Danramil 0806/09, Tugu, Kapten Inf. Supriyo membenarkan terjadinya longsor tersebut. pembersihan material longsor belum bisa dilakukan karena masih turun hujan dan petugas dari Dinas PU Jatim maupun Trenggalek belum berani melakukan pembersihan dengan alat berat, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

Sedangkan keterangan Iptu Sudono, Wakapolsek Tugu, “Saat ini kami melakukan penutupan dan pengalihan jalur keluar masuk ke Kabupaten Trenggalek via Ponorogo. Penutupan dan pengalihan jalur ini dilakukan sampai dengan akses jalan bisa dibuka dan tidak membahayakan pengguna jalan", ungkap Iptu Sudono. (Nizam/Nailul/ Media Center Kodam V Brawijaya)

sam

No comment

Leave a Response