Kesiapan Desa Sokaraja Lor Dalam Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019

 

Matamatanews.com,BANYUMAS—Sebanyak 269 desa di wilayah Kabupaten Banyumas siap mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada bulan Juli 2019 mendatang. Desa Sokaraja Lor,  Kec. Sokaraja Kab. Banyumas, Jawa Tengah adalah salah satu desa yang ikut dalam pesta demokrasi . Hal ini dibuktikan dengan kesiapan desa itu dalam acara Sosialisasi dan Pembentukan Panitia / Pengawas Pilkades 2019 pada Rabu (08/05/19) lalu di Balai Pertemuan desa setempat.

Sosialisasi tersebut dihadiri Camat Sokaraja, Danramil, Kapolsek, Kades serta tokoh masyarakat Desa Sokaraja Lor. Acara diawali dengan pelantikan anggota BPD baru H Budianto menggantikan anggota lama Umar Muslim yang mengundurkan diri. 

Dalam sambutannya Kades Sokaraja Lor Muhammad Jalaludin mengatakan, Desa Sokaraja Lor siap melaksanakan pilkades yang akan dilaksanakan tanggal 23 Juli 2019 mendatang.

“Kami berharap hari ini akan terbentuk susunan Panitia Pemilihan dan Panitia Pengawas Pilkades Sokaraja Lor, mudah mudahan bisa bekerja secara jujur, adil dan sesuai yang diharapkan masyarakat desa ini, " katanya.

Camat Sokaraja Purjito mengungkapkan, sesuai Perda 67 tahun 2017 Peraturan Bupati Banyumas tentang Pedoman Pemilihan Kepala Desa maka sudah sepantasnya dibentuk susunan Panitia Pemilihan dan Panitia Pengawas Pilkades Desa Sokaraja Lor.

"Jumlah keanggotaan Panitia Pemilihan sesuai perda adalah 11 orang terdiri dari 2 orang unsur Perangkat Desa, 4 orang dari Lembaga Kemasyarakatan dan 5 orang mewakili Tokoh Masyarakat desa. Sedangkan Panitia Pengawas berjumlah minimal 5 orang atau ganjil dengan komposisi 3 orang anggota BPD, 2 orang Tokoh Masyarakat dan 2 orang dari Lembaga Kemasyarakatan, " ungkapnya.

Sementara ketua BPD Sokaraja Lor Ahmad Subadji mengungkapkan, Desa Sokaraja Lor dengan jumlah penduduk sesuai DPT dan DPTtam sebanyak 3200 orang. 

"Pilkades kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena akan menggunakan TPS seperti pemilu legislatif kemarin. Sesuai dengan jumlah penduduk, maka sebanyak 5 TPS akan kita dirikan dan masing masing TPS melayani sekitar 500 orang. Dari jumlah panitia inti 11 orang akan dibantu 20 orang panitia yang akan ditempatkan di masing masing TPS. Mudah mudahan setelah terbentuk kepanitiaan nanti, bisa bekerja secara maksimal dan sesuai yang diharapkan, " ungkapnya.

Acara diakhiri dengan pembentukan Panitia dan Pengawas Pilkades Sokaraja Lor 2019 dengan jumlah 11 orang Panitia Pemilihan dan 5 orang Panitia Pengawas. *(hen)

 

sam

No comment

Leave a Response