Inilah Tanaman Berbahaya Yang Ada Di Sekitar Kita

 

Matamatanews.com,JAKARTA---Pada umumnya mahluk hidup yang membuat kita takut atau yang dianggap berbahaya adalah binatang, baik binatang kecil seperti semut dan laba-laba sampai binatang besar seperti harimau dan ular. Namun tanpa kita sadari banyak sekali tanaman-tanaman yang dapat membahayakan hidup kita, bahkan tanaman-tanaman tersebut berada disekitar kita.

Tanaman sejatinya lebih berbahaya dibandingkan binatang, karena tanaman tidak harus menyerang terlebih dahulu. Terkadang satu gerakan salah atau menyentuh bagian dari tanaman yg terlihat tidak berbahaya dapat menyebabkan atau menimbulkan efek yang fatal bagi kita. Beberapa tanaman dapat menimbulkan rasa sakit yang mengerikan, melumpuhkan, bahkan dapat berakibat kematian.

Tanaman-tanaman yang berbahaya itu, antara lain :

  1. Nerium Oleander (Oleander) : Lebih dikenal sebagai bunga Jepun atau bunga Mentega, tanaman ini biasanya dijadikan tanaman hias. Namun tanaman ini mempunyai racun yang mematikan hampir di semua bagaian tanaman. Komponen racun yang terkandung diantaranya oleandrin dan neriine yang termasuk golongan cardiac glycoside, zat ini dapat menyebabkan perlambatan denyut jantung dan gagal jantung. Sedangkan pada kulit batang terdapat zat Rosagenin yang dapat menimbulkan efek mual, muntah, sakit perut, dan pandangan menjadi kabur.
  2. Dieffenbachia (Dumb Cane) : Biasa dikenal dengan nama Daun Bahagia, tanaman ini sangat populer di Indonesia sebagai tanaman hias yang biasa di tanam di pekarangan. Getah dari tanaman ini mengandung kalium oksalat, zat ini dapat menyebabkan gatal-gatal, iritasi mulut dan kulit, kejang lidah bahkan kerongkongan. Gejala-gejala tersebut dapat menyebabkan syok, apabila kejang-kejang tersebut mengganggu saluran pernafasan maka bisa menyebabkan kematian.
  3. Acokanthera (tanaman bushman) : pada masa lalu, tanaman ini digunakan suku-suku di Afrika, terutama suku Khoisan di Afrika Selatan sebagai racun yang digunakan untuk melumuri anak panah. Tanaman ini mempunyai bunga yang berbau harum dan buah yang enak dimakan, tetapi tanaman ini mempunyai getah yang sangat berbahaya. Racun dari getah tanaman Acokanthera ini mampu membunuh orang dewasa dalam waktu kurang dari satu menit.
  4. Moonseed (Menispermum Canadense) : tanaman ini hampir serupa dengan anggur liar, waktu matang buah ini pun sama seperti anggur liar, yaitu bulan September dan Oktober. Cara yang paling mudah untuk membedakannya dengan memperhatikan bijinya, tanaman ini mempunyai bentuk biji seperti bulan sabit sedangkan biji anggur liar bulat penuh. Semua bagian tanaman terutama buahnya mengandung alkaloid dauricine, zat ini beracun jika tertelan.
  5. Datura (Datura stramonium) : tanaman ini dikenal dengan nama bunga terompet, tanaman ini bisa digunakan sebagai obat tradisional dan meredakan gejala asma. Tanaman ini juga mempunyai racun yang berbahaya, karena dapat menyebabkan halusinasi, takikardia, bahkan dapat menyebabkan amnesia. Selain itu, tanaman Datura mengandung zat atropine, hyoscyamine dan scopolamine yang digunakan sebagai obat bius, obat penenang bahkan narkotik.
  6. Belladona (Atropa belladonna) : Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan Deadly Nightshide, tanaman paling beracun yang ditemukan di belahan bumi bagian timur. Tanaman ini mengandung alkaloid tropane, yang dapat menyebabkan sesak nafas, sakit kepala, berhalusinasi, dan mengganggu kerja jantung.
  7. Aconitum Napellus : dikenal dengan nama Monkshood, tanaman cantik ini berwarna ungu cerah, ditemukan dibumi belahan utara. Tanaman ini mempunya zat alkaloid aconite, yang sangat beracun, menelan 20-40 ml tingtur napellus dapat mengakibatkan kematian. Bahkan keracunan karena tanaman ini bisa terjadi akibat memetik daun dan bunga tanpa mengenakan sarung tangan karena racun aconitine dapat diserap dengan mudah melalui kulit. (atep/berbagai sumber).

No comment

Leave a Response