Gedung Putih Kumpulkan Anggota Senat Bahas Korut

 

Matamatanews.com, WASHINGTON DC – Gedung Putih berencana memanggil seluruh anggota senat untuk mendengarkan penjelasan tentang Korea Utara. AS sendiri dikabarkan semakin khawatir terkait uji coba rudal dan nuklir yang dilakukan Korut, serta ancaman-ancaman dari negara lain.

Pertemuan yang direncanakan hari Rabu (26/42017) tersebut akan dihadiri 100 anggota senat, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, Menteri Pertahanan James Mattis, Direktur Intelijen Nasional, dan Kepala staf gabungan Jenderal Joseph Dunford.

Sean Spicer yang merupakan sekretaris pers Gedung Putih tidak bersedia menjelaskan secara terperinci terkait rencana pertemuan tersebut.

Sementara itu, Cina yang merupakan negara sekutu utama dari Korea Utara telah menghimbau agar semua pihak yang terkait untuk menahan diri. Himbauan tersebut disampaikan Presiden Xi Jinping melalui percakapan telepon dengan Presiden Donald Trump pada hari Minggu (23/4/2017).

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan Presiden Xi Jinping telah memberikan himbauan agar semua pihak dapat menahan diri serta menghindari tindakan yang dapat menimbulkan ketegangan.

Minggu (23/4/2017), Media resmi Korea Utara mengatakan akan menenggelamkan kapal induk USS Carl Vinson yang sedang dalam perjalanan menuju lepas pantai Semenanjung Korea dan diperkirakan dalam beberapa hari mendatang akan tiba disana.

Amerika sendiri merasa khawatir terhadap pemerintah Korut yang sedang berupaya mengembangkan rudal dengan hulu ledak nuklir yang dapat mencapai daratan AS. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response