Dalam Upaya Menangkal Pengaruh Cina, Australia akan Bangun Pangkalan Militer Baru

 

Matamatanews.com, SYDNEY – Australia diwartakan akan membangun pangkalan militer laut dalam di pesisir utara. Pangkalan baru ini diharapkan bisa menampung pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) saat upaya menangkal pengaruh Tiongkok yang semakin menguat di kawasan.

“Pangkalan itu ada sekitar 40 kilometer dari Darwin, Ibu Kota Negara Bagian Northern Territory, yang tadinya akan disewakan pada operator Tiongkok pada 2015,” demikian dilaporkan kantor berita ABC yang mengutip keterangan sejumlah pejabat pertahanan dan pemerintahan Australia pada Senin (24/6).

Dalam laporannya, ABC mengatakan pangkalan militer baru nantinya akan bisa menampung kapal perang besar karena pangkalan militer yang sudah ada di Darwin saat ini sudah kelebihan kapasitas dan padat arus lalu lintasnya.

Kabar soal pangkalan militer baru ini disebarluaskan ABC jelang pelaksanaan latihan militer gabungan Austra­lia-AS, Talisman Sabre, yang digelar pada pertengahan Ju­li. Sebelumnya Australia dan AS sempat mengumumkan a­kan membangun pangkalan militer bersama di Kepulauan Manu, Papua Nugini, namun hingga saat ini belum ada in­dikasi bahwa rencana itu bakal diwujudkan. (kj/afp)

sam

No comment

Leave a Response