Bupati Brebes Berpesan,Bantuan Jangan Dulu Dijual

 

Matamatanews. BREBES—Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyerahkan bantuan sosial pada Rumah Tangga Miski (RTM). Bantuan berupa hewan ternak dan pakan ternak tersebut diserahkan Bupati di halaman Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan, jalan Taman Siswa Brebes, Senin (08/04).

“Bantuan kambing, domba dan ayam jangan langsung dijual lagi ya, tapi dipelihara agar berkembang biak,” ajak Bupati saat memberikan bantuan.Pesan Idza, peliharalah bantuan ternak ini dipelihara secara baik, sehingga dapat meningkatkan hasil peternakan dan kesejahteraan para peternak di Kabupaten Brebes dapat meningkat. 

Dia juga berpesan agar RTM dapat memanfaatkan peluang ini dengan sebaik–baiknya, jagalah kesehatan ternak peliharaan dan tak sungkan untuk berkonsultasi dengan para petugas peternakan. Sehingga bukan hanya kesehatan ternak yang terjaga namun juga kesehatan peternaknya.Hal ini penting dilakukan mengingat banyak penyakit yang dengan mudah ditularkan dari ternak peliharaan kepada manusia. 

“Jangan anggap remeh kebersihan tubuh kita, meski hanya sekedar cuci tangan dan kaki sepulang dari menengok kandang,” ucapnya mengingatkan. 

Kata Idza, bantuan ternak ini adalah contoh nyata beragam program yang terintegrasi antara berbagai elemen. Sebagai bukti bahwa koordinasi, kerjasama, komunikasi sekaligus silaturakhim dari banyak pihak betul-betul terjalin. Kita semua sangat berharap para peternak dapat mengelola usaha peternakan, dengan menerapkan pola agribisnis, meliputi aspek usaha agribisnis hulu, usaha budidaya, dan usaha agribisnis hilir

“Bantuan ini, bertujuan mendorong usaha peternakan menjadi usaha pokok yang mampu menjadi pilar utama ekonomi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Ismu Subroto MSi menjelaskan, pihaknya berusaha mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis dengan peternakan lokal.Diantaranya dengan beternak kambing lokal, domba dan ayam buras kampung. 

Dan ini merupakan tindak lanjut dari misi Bupati Brebes bahwa kita akan membangun kabupaten Brebes menuju Brebes unggul, sejahtera dan berkeadilan.Serta untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan memperkuat inovasi daerah, investasi guna  mewujudkan kesejahteraan masyarakat berbasis kearifan lokal.

“Yang kami harapkan agar bantuan ini benar benar dimanfaatkan hasilnya dan pihaknya akan memantau perkembangan sekaligus melakukan pendampingan,” ujar Ismu. 

Kepala Bidang Budidaya Dinas Peternakan dan Kesehetanan Hewan Kabupaten Brebes Ir Seno Aji melaporkan, Program pengentasan kemiskinan berbasis peternakan di Kabupaten Brebes menjadi solusi bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) untuk keluar dari kemiskinan. Diantaranya melalui peningkatan pendapatan dan perbaikan gizi keluarga dengan bantuan ternak.

Seno Aji melaporkan, penyerahan bantuan ternak berupa kambing, domba dan ayam yang diterima RTM berasal dari desa Pulosari sebanyak 17 Kepala Keluarga (KK), desa Terlangu 17 KK desa Pagejugan 34 KK dan desa Kedunguter 29 KK.  

Diharapkan untuk penerima bantuan ini dapat mengembangkan untuk mendapatkan nilai ekonomis dan mengembangkan dunia peternakan di Kabupaten Brebes.Hadir dalam acara tersebut, Camat brebes, para kepala desa dan penerima bantuan sosial hewan ternak. (AA/ Pur) 

sam

No comment

Leave a Response