Benarkah Kematian Ahli Senjata Itu Bunuh Diri ?

 

Matamatanews.com,LONDON—Tanggal 17 Juli 2003, Dr. David Kelly di temukan tewas dalam hutan dekat rumahnya di Oxfordshire, Inggris tengah. Sebelum tewas, diketahui Kelly sempat menjadi narasumber dalam sebuah acara yang diadakan oleh BBC. Dalam acara tersebut Kelly mengatakan bahwa Inggris terlalu berlebihan mengekspos soal senjata pemusnah massal yang dimiliki pemerintahan Saddam Hussein, sebagai cara untuk membenarkan tindakan agresi militer di Irak.

Setelah kematian Kelly yang penuh dengan kontroversi, akhir Perdana Menteri Inggris yang saat itu masih dijabat Tony Blair memerintahkan penyelidikan atas kematian Kelly yang juga bekerja di Dapartemen Pertahanan Inggris. Penyelidikan yang dipimpin Lord Hutton, seorang pensiunan advokat senior pemerintah. Ia mengatkan bahwa Kelly mengakhiri hidupnya dengan cara menyayat pergelangan tangan kirinya dan kematiannya dipercepat dengan mengkonsumsi tablet co-proxamol.

Tetapi para ahli lain meragukan kesimpulan ini, dalam sebuah surat kabar yang diterbitkan oleh The Guardian, para spesialis medis yang terdiri dari David Halpin, C. Stephen Frost, dan Searle Sennet menyatakan pandangan mereka bahwa keterangan yang disampaikan oleh Hutton sangat tidak mungkin terjadi.

Halpin, Frost, dan Sennet menyimpulkan surat mereka dengan pernyataan “ Kami tidak setuju bahwa Dr. Kelly meninggal karena kehilangan banyak darah atau karena mengkonsumsi co-proxamol atau karena keduanya”. Tak ayal teori ini pun mengundang banyak pertanyaan dari publik mengenai penyebab sesungguhnya dari kematian Dr.David Kelly.

David Broucher Sahabat Kelly yang merupakan seorang diplomat Inggris, mengatakan bahwa Kelly sempat mengirim email beberapa jam sebelum ditemukan tewas. ia mencoba memberikan petunjuk dengan menulis “ Sejumlah aktor gelap tengah melakukan permainan”. Selain itu Kelly sempat mengatakan “ Ia mungkin akan ditemukan tewas dihutan jika Inggris tetap melanjutkan serangan terhadap Irak” lanjut Broucher.

Pada tahun 2007, Norman Baker yang merupakan anggota parlemen Partai Demokrat Liberal mewakili daerah Lewes menerbitkan sebuah buku yang berjudul The Strange Death of David Kelly. Buku tersebut menyajikan banyak hal yang dengan sengaja ditutupi dan bukti-bukti yang tidak konsisten pada kasus ini, dan pada akhirnya banyak yang mempertanyakan kesimpulan tim penyelidik yang diketuai oleh Lord Hutton. ( Atep/BBC/eramuslim/berbagai sumber)

No comment

Leave a Response