Arab Saudi Sumbang US$ 160 Juta Lebih Untuk Pengungsi Palestina

Matamatanews.com, JEDDAH—Janji pemerintah  Arab Saudi untuk memberikan bantuan kepada  Palestina melalui badan PBB yang mengurus pengungsi, UNRWA (The United Nations Relief and Works Agency) akhirnya dipenuhi. Anggota Komite eksekutif  Organisasi Pembebasan Palestina sekaligus Kepala Departemen urusan Pengungsi, Ahmed Abu Houli memuji pernyataan Saudi untuk mendukung anggaran badan PBB bagi para pengungsi Palestina, UNRWA.

Seperti dilaporkan Arab News, Arab  Saudi bersedia memberikan sumbangan US$ 63 juta untuk berbagai proyek di Gaza, Tepi Barat dan Yordania.”Dukungan keuangan tambahan yang disediakan Arab Saudi akan berkontribusi terhadap kelanjutan dari layanan vital UNRWA terhadap  5,9 juta pengungsi Palestina di lima wilayah operasinya,” kata Abu Houli dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada sabtu (2/12/2018) lalu.

Keputusan Saudi akan berdampak positif dan menjadi motivasi bagi pendonor lainnya  untuk membantu lebih banyak UNRWA yang dananya dipotong oleh pemerintah Amerika Serikat beberapa waktu lalu.Pada tahun 2018 kata Abu Houli, Arab  Saudi telah menyumbang lebih dari US$ 160 juta kepada UNRWA. Sumbangan tersebut sangat membantu UNRWa yang terpukul setelah Presiden Amerika Serikat Donald  Trump pada Agustus lalu mengumumkan penghentian bantuan , dan seperti di ketahui Amerika Serikat merupakan penyumbang terbesar bagi UNRWA. Keputusan Trump itu mengancam ditutupnya berbagai sekolah di Palestina  serta di luar negeri yang menampung pengungsi.Selain itu,berbagai klinik kesehatan juga terancam ditutup, bahkan ribuan warga Palestina juga terkena imbasnya kehilangan pekerjaan. (cam)

sam

No comment

Leave a Response