9 “Hacker” Gasak Rp 266 Miliar Dari Beberapa Bank

 

Matamatanews.com, MOSKWA – Diduga terlibat dalam jaringan kejahatan cyber, pemerintah Rusia menahan sembilang orang yang mencuri jutaan dollar AS dari sejumlah rekening bank. Penangkapan sembilan orang ini merupakan hasil dari perburuan besar-besaran yang dilakukan dinas rahasia FSB sejak tahun lalu.

Sejak 2013 silam, FSB mengejar kelompok peretas yang beranggotakan sekitar 50 orang yang mencuri uang bernilai 17 juta dollar AS atau sekitar Rp 226 miliar. Rabu (8/2/2017), juru bicara Kementerian Dalam Negeri Rusia, Irina Volk mengatakan, "Sembilan orang tersangka peretasan kami tangkap pada 25 Januari dan satu orang sudah ditahan," katanya.

“Hingga saat ini, sudah 27 orang diperiksa dan 19 orang lainnya di tahan untuk menanti sidang pra-peradilan”, lanjut Irina.

Dari beberapa sumber mengatakan, penangkapan ini terkait dengan kasus terhadap kelompok peretas ternama, Lurk, yang sudah diincar aparat hukum sejak tahun lalu. Menurut perusahaan keamanan cyber Kapersky, kelompok ini diduga menjadi pelaku pencurian uang sebanyak 3 miliar rubel dari sejumlah institusi komersial termasuk bank. [did/Kmp/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response